Text
Membarter Sekolah Mewah Menuju Menuju Sekolah Digital : sebuah proses best practice
Buku Membarter Sekolah Mewah Menuju Sekolah Digital
Pada bagian pertama disajikan proses kepemimpinan sekolah yang berubah di era merdeka belajar. Seperti diketahui, gaung merdeka belajar, dicetuskan oleh Mas Menteri Pendidikan dan kebudayaan. Pembelajaran secara umum pada para siswa berjalan dengan proses alamiah dengan piranti teknologi digital . Merdeka belajar, merupakan sebuah ikon Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan era Menteri Nadiem Anwar Makarim. yang diluncurkan pada tahun 2019. Ikon ini dicirikan dengan kebijakan yang lebih berpihak kepada kemerdekaan pada guru dan sekolah dalam menjalankan tugas profesionalnya, penguatan kemandirian satuan pendidikan dan memberikan hak yang sama pada warga negara dalam mengakses layanan pendidikan yang bermutu. Kebijakan ini diambil melihat kondisi dunia pendidikan yang masih menghadapi berbagai persoalan, bukan hanya di tataran penyelenggaraan, melainkan dalam kesesuaian antara prinsip dasar dan implementasinya. Pada pembahasan buku ini disajikan secara segar dan mengalir. Pengalaman penulis yang juga seorang mentoring dan instrtuktur IT Nasional sangat membantu dalam pergerakakn frasa kalimatnya. Sebagaimana niat awal penulis, buku ini disusun untuk memenuhi kehausan para kolega kepala sekolah, untuk mengkampanyekan bahwa ‘belajar IT menyenangkan’ tidak untuk ditakuti dan dihindari setiap siswa maupun guru! Dalam proses kegiatan di kelas, maupun di luar kelas, siswa dianalogikan sebagai mitra yang perlu dibimbing dan di perhatikan kesulitannya. Diharapkan pula buku ini dapat mengisi kekosongan buku-buku best praktis yang jumlahnya tidak terlalu banyak beredar di pasaran.
Pada bagian kedua disajikan pernak pernik uraian materi Menumbuhkan Budaya Positif sekolah di era normal. Wacana ini diilhami penulis pada saat ini pademik covid 2019 belum reda.. Seluruh dimensi tatanan sistem pendidikan nasional berubah drastis. Beberapa kolega pimpinan sekolah mungkin setuju bahwa memiliki budaya sekolah yang positif merupakan sesuatu yang ideal. Penelitian telah menunjukkan bahwa budaya sekolah yang positif dapat meningkatkan tingkat kehadiran dan prestasi akademis, meningkatkan kesejahteraan siswa, dan retensi guru. Tetapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan budaya sekolah yang positif?
Pada bagian ketiga disajikan uraian proses detil best praktis (praktek terbaik). Dari penulis. Berbagai temuan kemajuan perkembangan sekolah SMA Negeri 1 Dolopo. Di bagian ketiga ini penulis mendeskripsikan langkah langkah pada saat menangani sekolah dan pada saat akhir progers capaian perubahan karakkter sekolah. Dilihat dari saat saat awal penulis berbagai kendala dan carut marut tata lingkungan sekolah. Perubahan dari aspek mikro, meso maupun makro. Pada bagian ini juga ditampilkan secara mengalir dan bernas. Ada beberapa terobosan fasa yang bersifat inovatif dan universal. Tetapi ada juga yang bersifat fasa. kearifan lokal. Total seluruhan . proses “ Kemajuan dari sekolah yang tidak dikenal di halaman google menjadi masuk ke search engine . 10 besar top rank google. Mengalir ditulis oleh penulis dan bersahaja dalam pengimbasan pembiasan pembiasan praktek melalui IHT dengan sekolah sekolah disekitarnya.
08022022091 | 371.2 Sus m A1.3 | Tandon Rak 11 D (T 11 D) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
08022022092 | 371.2 Sus m A2.3 | Rak D : 300 - 399 Social Science ( Ilmu Sosial ) (Rak D) | Tersedia |
08022022093 | 371.2 Sus m A3.3 | Rak D : 300 - 399 Social Science ( Ilmu Sosial ) (Rak D) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain