PERPUSTAKAAN Universitas Kusuma Husada Surakarta (NPP : 3372052D2019200)

  • Beranda
  • Informasi
  • News
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Implementasi Case Management System di Rumah Sakit

Text

Implementasi Case Management System di Rumah Sakit

Alfajri, Novi Zain - Personal Name; Sugiarsih - Personal Name; Nurmastuti, Hafidzah - Personal Name;

Pelayanan yang berfokus pada pasien merupakan pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab terhadap pemenuhan mutu pelayanannya melalui acuan standar yang berbasis bukti ilmiah dan bukti terkini tetapi tetap dalam koridor pengendalian biaya agar proses pelayanan pasien menjadi efisien dalam pemanfaatan sumber dayanya. Case management didefinisikan sebagai suatu proses kolaborasi dalam hal Asesmen, Perencanaan (Planning), Fasilitasi, Koordinasi Pelayanan (Care Coordination), Evaluasi, dan Advokasi mengenai pilihan pelayanan untuk memenuhi kebutuhan yang komprehensif dari pasien dan keluarga melalui komunikasi, dan tersedianya sumber daya yang memadai untuk mencapai luaran yang efektif. Dalam berbagai penelitian, case management system dianggap mampu meningkatkan mutu pelayanan. Ruang lingkup pelayanan case management system meliputi Edukasi, Koordinasi Asuhan (Care Coordination), Pemenuhan Kebutuhan Pasien (Compliance), Manajemen Transisi, dan Manajemen Utilisasi. Case management system diprioritaskan untuk kasus pasien dengan kriteria tertentu, yaitu risiko tinggi, kompleks, lama rawat yang panjang, pembiayaan yang tinggi, serta masalah psikososial dari pasien dan keluarga. Dalam hal ini, case manager berfungsi sebagai fasilitator, komunikator, dan koordinator dari proses asuhan dan fungsi-fungsi lain untuk mendukung asuhan pasien. Proses case management system dimulai dari proses skrining untuk penetapan kasus, asesmen, perencanaan, implementasi, dan follow up post discharge. Hasil akhir dari implementasi sistem ini adalah peningkatan mutu pelayanan dengan mencapai kepuasan pasien dan keluarga serta memberikan jaminan pelayanan yang efektif dan efisien.


Ketersediaan
24012022008362.110 68 Alf I A2.3Rak D : 300 - 399 Social Science ( Ilmu Sosial ) (Rak D)Tersedia
24012022009362.110 68 Alf I A3.3Rak D : 300 - 399 Social Science ( Ilmu Sosial ) (Rak D)Tersedia
24012022007362.110 68 Alf I A1.3Tandon Rak 11 D (Rak 11 D)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
362.110 68 Alf I A
Penerbit
Yogyakarta : Gadjah Mada University Press., 2018
Deskripsi Fisik
v.; 82 hlm.; ils,; tab,; ind.; daf.; 23 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-386-257-3
Klasifikasi
362.110 68
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subyek
Rumah Sakit - Administrasi umum
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

You must be logged in to post a comment

PERPUSTAKAAN Universitas Kusuma Husada Surakarta (NPP : 3372052D2019200)
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area
  • View My Stats

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.


Social Media

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search