Text
Pemasaran di sektor publik: panduan praktis untuk meningkat
Setiap masyarakat memerlukan sektor publik untuk menjalankan peran operasional masyarakat. Pemerintah
sebagai lembaga sektor publik melakukan dan menyediakan pelayanan publik yang sangat vital bagi kepentingan umum,
karena tidak ada sektor swasta atau sektor nirlaba yang ingin dan mampu menangani dengan sumber daya yang ada.
Karena operasional pemerintah dijalankan dengan beban biaya besar yang ditanggung rakyatnya (menggunakan 40%
pajak masyarakat), sehingga sangat wajar bila masyarakat menginginkan uang yang dibayarkan melalui pajak itu
digunakan secara efisien dan efektif.
Pemasaran di Sektor Publik merupakan buku yang ditulis khusus dan ditujukan bagi para penyelenggara
pemerintahan. Buku ini menawarkan banyak cerita sukses pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pemerintah dari
berbagai negara mengenai contoh sukses yang dapat ditiru. Pakar pemasaran (Dr. Philip Kotler) dan konsultan pemasaran
di bidang sosial (Nancy Lee) memperlihatkan dalam buku ini bahwa inti pemasaran adalah pola pikir yang berorientasi
pada warga masyarakat, bukan sekadar cara berkomunikasi dengan warga. Melalui buku ini diharapkan pembaca akan
mampu memanfaatkan berbagai alat pemasaran untuk mendapatkan dukungan warga masyarakat, meningkatkan
pemanfaatan produk dan jasa organisasi pemerintah & sektor publik, mempengaruhi perilaku positif warga masyarakat.
Bahkan meningkatkan pendapatan dan menurunkan biaya operasi pemberian layanan. Secara keseluruhan buku ini
menginformasikan kepada kita agar senantiasa mampu membangun lembaga pemerintahan yang high-tech (teknologi
tinggi) dan high-touch (mudah diakses) oleh warganya.
Buku ini membantu para penyelenggara pemerintahan untuk:
1. Menggunakan berbagai prinsip dasar pemasaran untuk meningkatkan peran serta, persetujuan, dan dukungan warga
masyarakat.
2. Menerapkan taktik pemasaran 4P (product, price, place, promotion) untuk mengoptimalkan layanan kepada warga
masyarakat
3. Melakukan segmentasi pasar atas warga masyarakat yang akan dilayani, kemudian memuaskan kebutuhan tiap
segmen tersebut.
4. Mempengaruhi perilaku warga masyarakat agar berperilaku positif, dengan menerapkan 12 prinsip pemasaran di
bidang sosial.
Buku pemasaran di sektor publik berisi panduan praktis untuk meningkatkan kinerja pemerintah ini terdiri dari 3
bagian yaitu: pendahuluan, menerapkan alat pemasaran ke sektor publik, dan mengelola proses pemasaran. Buku ini
membahas: “Meningkatkan kinerja sektor publik dengan cara menangkap peluang pemenuhan kebutuhan masyarakat”,
“Memahami pola pikir pemasaran”, “Menyusun dan memperbaiki program dan layanan populer”, “penentuan harga
yang memotivasi, insentif, dan disinsentif”, “mengoptimalkan saluran distribusi”, “menciptakan dan mempertahankan
identitas merek yang diinginkan”, “berkomunikasi secara efektif dengan masyarakat”, “meningkatkan layanan dan
kepuasan pelanggan”, “mempengaruhi perilaku positif masyarakat: pemasaran sosial”, “menjalin kemitraan strategis”,
“mengumpulkan data, input, dan umpan balik masyarakat”, “memonitor dan mengevaluasi kinerja”, dan “menyusun
rencana pemasaran yang meyakinkan”.
28042020001 | 658.8 Kot p A1 | Tandon Rak 11B (T 11 B) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
28042020002 | 658.8 Kot p A2 | Sirkulasi Rak 6 I (R 6 I) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain